PERBANDINGAN KADAR POLIFENOL DAN FLAVANOID PADA EKSTRAK DAUN KERSEN (Muntingia Calabura L.) SEGAR DAN KERING DENGAN SPEKTROFOTOMETER UV-VIS

Main Article Content

Youstiana Dwi Rusita

Abstract

Daun kersen mengandung senyawa flavonoid, saponin, polifenol dan tanin sehingga dapat digunakan sebagai antioksidan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kadar polifenol dan flavonoid pada ekstrak daun kersen (Muntingia calabura L.) segar dan kering.


Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah true eksperimental. Analisis data menggunakan analisis bivariat dengan uji independet sample t-test.


Hasil kadar polifenol ekstrak daun kersen kering sebesar 3,295±0,128 mg GAE/g sampel  dan untuk ekstrak daun kersen segar sebesar 3,398±0,0673 mg GAE/g sampel. Hasil kadar flavonoid ekstrak daun kersen kering sebesar 0,288±0,0157 mg QE/g sampel dan untuk ekstrak daun kersen besar sebesar 0,535±0,0423 mg QE/g sampel. Data yang diperoleh dilakukan uji statistik dan dilanjutkan uji t- Test dan menghasilkan masing-masing perlakuan dengan nilai signifikansi 0,001 < 0,05 dengan taraf kepercayaan 95%.


Hasil penelitian menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan pada kadar polifenol pada daun segar dan daun kering dan kadar flavonoid pada daun daun kersen (Muntingia calabura L.) segar dan daun kering

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles